Kamis, 15 September 2016

MENGHILANGKAN BAU JENGKOL

Jengkol..........siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Baunya yang khas sangat menggugah selera makan. Untuk mendapatkan jengkol yang legit rasanya bisa didapatkan pada Direktori Indonesia. Bagi penggemar jengkol, baunya yang khas tidak menjadi masalah. Jengkol sangat lezat diolah berbagai macam, misalnya saja di semur, rendang atau gulai sangat menambah selera makan. Untuk mengolah jengkol agar baunya hilang atau minimal berkurang, simaklah ulasan berikut :

Menggunakan Air Kapur Sirih
Kita cukup merendam jengkol yang belum dimasak ke dalam air kapur sirih, lalu dimakan selama semalam. Setelah satu malam bau yang ada dalam jengkol akan berkurang atau malah bisa jadi hilang.

Menggunakan Rebusan Air Kapur Sirih

Kalau cara yang ini adalah tahap lebih lanjut dari cara sebelumnya. Jika kita sudah merendam jengkol semalaman di dalam air kapur sirih tapi baunya masih belum hilang juga. Cobain aja direbus di dalam air kapur sirih, setelah itu baru jengkolnya digepengin sampai terbelah setengah.

Menggunakan Daun Jeruk

Cara ini dilakukan saat kita sedang merebus jengkol sebelum dimasak menjadi berbagai jenis masakan. Saat kita merebus jengkol masukkan juga potongan daun jeruk kedalamnya. Aroma yang ada pada daun jeruk akan mengurangi atau bisa jadi menghilangkan bau khas dari jengkol.

Menggunakan Abu Gosok

Merebus jengkol dengan menambahkan abu gosok yang biasa buat cuci piring juga bisa menghilangkan bau jengkol. Rebus jengkol menggunakan air yang sudah ditambahkan dengan abu gosok Rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan beberapa menit, baru setelah itu ganti air untuk merebus dengan air dingin dan diamkan semalam.

Menggunakan Daun Salam

Cara ini hampir sama dengan yang menggunakan daun jeruk. Pertama rebus air sampai mendidih, setelah itu baru masukkan daun salam dan jengkol secara bersamaan.

6. Menggunakan Daun Jambu Biji

Cara ini sebenarnya sama kayak kalau kita menggunakan daun jeruk dan daun salam sih. Cukup rebus jengkol dan daun jambu biji, tambahkan satu sendok makan daun teh juga.
Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau jengkol saat masih dalam bentuk jengkol.

Selamat mencoba............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar